Jangan Tampil Kalo Belum Siap

0
334

Setiap hari kita bicara, mulai dari bangun tidur sampai malam saat kembali beristirahat untuk tidur dan sepanjang hari itu tanpa disadari lebih kurang 18.000 kata terucap dari mulut kita.

Berbicara bisa jadi suatu persoalan yang mudah bagi sebagian besar orang. Bisa dilihat di sekeliling kita, dua orang atau sekelompok orang terlibat dalam suatu pembicaraan, seru sekali bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Namun ketika harus berbicara di depan orang banyak, belum tentu setiap orang mampu melakukannya. Baik itu memimpin sebuah rapat, memandu sebuah acara/menjadi seorang MC atau menjadi presentator atau menjadi seorang pemateri sebuah seminar.

Bicara yang baik perlu strategi, ini yang dipelajari dalam ilmu Public Speaking.

Kali ini topik yang kita bahas adalah tentang pentingnya Persiapan. Persiapan ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan karena jika kita mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, maka dijamin hasilnya juga akan baik.

Kita mulai dengan 3 hal utama yang perlu diperhatikan:

1. Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental ini sangat perlu sekali. Bayangkan apa yang terjadi kalau seseorang akan tampil bicara di depan orang banyak tetapi didalam dirinya ada perasaan minder, ragu-ragu dan kurang memiliki sikap percaya diri yang kuat

Demikian juga halnya dengan fisik, harus sehat dan kondisi prima. Jadi persiapkan fisik dan mental dengan baik

2. Materi yang akan disampaikan

Kalau mau menjadi MC, siapkan script
Kalau mau presentasi, siapkan materi dalam bentuk slide, misal : powerpoint
Kalau mau memimpin rapat, siapkan poin-poin yang akan dibahas
Intinya, siapkan materi dengan baik dan terstruktur

3. Penampilan

Upayakan mencari informasi sebanyak mungkin tentang acaranya apa, tempatnya dimana, dan siapa audiensnya. Audiens akan menilai kita dari apa yang kita kenakan. Sesuaikah penamapilan kita dengan tema acara, tempat acara dan siapa yang hadir?? Baik fisik, mental, materi, maupun penampilan, semua itu harus dipersiapkan secara maksimal

Jangan tampil sebelum memperhatikan 3 hal di atas.

Salam,

@senangbicara

Speak To Inspire